In House Training Pelaporan Keuangan Berdasarkan ISAK 35 Yayasan Badan Wakaf UII

Pada tanggal 17 dan 18 Desember 2021, PT Expertindo Training sebagai salah satu perusahaan jasa training dan konsultan terkemuka di Indonesia kembali menggelar in house training ke 4 di minggu ini. In house training dengan judul Pelaporan Keuangan Berdasarkan ISAK 35 diikuti peserta dari Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia dengan jumlah total 13 peserta yang berasal dari beberapa posisi atau divisi. In house training yang berlangsung selama 2 hari ini diisi oleh Ibu Marita, SE, M.Si, Ak, CA yang merupakan praktisi bidang keuangan. Adapun pembahasan materi pelatihan Training Pelaporan Keuangan Berdasarkan ISAK 35 adalah sebagai berikut.

Foto In House Training Pelaporan Keuangan Berdasarkan ISAK 35 Yayasan Badan Wakaf UII

Deskripsi

Entitas berorientasi nonlaba (nirlaba) merupakan entitas yang bergerak dalam bidang pelayanan masyarakat yang tidak bertujuan untuk mencari laba. Entitas berorientasi nonlaba ini biasanya didirikan oleh masyarakat atau dikelola oleh swasta. Sumber dana yang didapat oleh entitas berorientasi nonlaba biasanya berasal dari para donator atau penyumbang yang tidak mengharapkan imbal balik atas dana yang diberikan. Entitas berorientasi nonlaba pada umumnya memilih pemimpin, pengurus atau penanggungjawab yang menerima amanat dari para stakeholdernya. Terkait dengan konsep akuntabilitas di mana akuntansi sebagai sarana pertanggungjawaban akuntabilitas maka laporan keuangan perlu juga disajikan oleh entitas berorientasi nonlaba. Akuntabilitas entitas berorientasi nonlaba diperlukan seiring dengan semakin banyaknya Yayasan dan organisasi masyarakat. Penyandang dana dan masyarakat membutuhkan laporan keuangan yang dapat menjelaskan kinerja entitas dan sumber daya yang saat ini dimiliki entitas. Untuk itu penguasaan standar akuntansi entitas berorientasi nonlaba sangat diperlukan agar dapat menyusun dan sekaligus menganalisis Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nonlaba.

Entitas berorientasi nonlaba dalam pelaporan keuangannya menggunakan PSAK 45 Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba sebelum 2020. Efektif Per 1 Januari 2020, PSAK 45 dicabut dan digantikan oleh ISAK 35 Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nonlaba. Penerbitan ISAK 35 menjadikan penerapan keseluruhan SAK untuk pelaporan keuangan entitas berorentasi nonlaba menjadi jelas dengan pengecualian seperti dijelaskan dalam ISAK 35. Keberadaan PSAK sendiri untuk entitas berorientasi nonlaba sering menimbulkan anggapan hanya PSAK 45 yang relevan digunakan.

Entitas nonlaba dalam pelaporan keuangan mengikuti standar akuntansi keuangan yang dipilih (SAK, SAK ETAP atau SAK EMKM) tergantung akuntabilitas dan kebutuhan pengguna laporan keuangannya. Untuk entitas berorientasi nonlaba yang menggunakan SAK, penyajian laporan keuangan mengikuti PSAK 1 Penyajian Laporan Keuangan dengan pengecualian yang dijelaskan dalam ISAK 35. Entitas berorientasi nonlaba dapat menggunakan judul laporan keuangan yang lebih mencerminkan karakteristik entitas berorientasi non laba. Selain itu entitas berorientasi nonlaba juga dapat menggunakan nama akun dalam laporan keuangan yang mencerminkan karakteristik EBNL misal mengganti ekuitas dengan aset neto.

MATERI

  1. Karakteristik dan Akuntabilitas Entitas Berorientasi Nonlaba
  2. Perbedaan PSAK 45 dengan ISAK 35
  3. Pokok pengaturan ISAK 35 dan ilustrasi laporan keuangan
  4. Studi kasus penyajian laporan berdasarkan ISAK 35 dari pelaporan dengan PSAK 45

Selain Judul In House Training Pelaporan Keuangan Berdasarkan ISAK 35 Yayasan Badan Wakaf UII, PT Expertindo juga menggelar berbagai judul perlatihan in house training maupun sertifikasi yang dapat diakses di alamat link berikut Jadwal Training 2021

Kunjungi juga website PT Expertindo lainnya di alamat www.e-trainingonline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Dengan Expertindo, ada yang bisa Kami bantu?