Informasi Training Juli 2019 PT Expertindo Minggu Ketiga

Bulan Juli minggu ketiga ini tepatnya dari tanggal 15 sampai 20 Juli, PT Expertindo Training sebagai salah satu perusahaan training profesional terkemuka menggelar training di 4 kota sekaligus dengan jumlah total peserta sampai 100 peserta lebih. Keempat kota yang menjadi tempat training kali ini adalah Bali, Semarang, Bogor dan tentunya Yogyakarta. Terkhusus di Yogyakarta, PT Expertindo mengambil tempat di Hotel Ibis Malioboro dengan jumlah total judul yang diselenggarakan adalah 10 kelas yang berbeda. Adapun judul pelatihan yang diadakan adalah Spare Part Management Inventory Control, Budgeting, Profit Planning & Control, Aspek Hukum Pertanahan, Kompensasi & Konflik Pertanahan daerah Tambang, Environment Technology II (Advance), Environment Management & Monitoring Plan, Penyusunan Program Kerja Marketing, Treasury Manegement, Implementasi MYSQL dan Manajemen Aset.

Peserta yang mengikuti pelatihan kali ini terdiri dari berbagai instansi yaitu PT Sea Bridge Shipping, PT Cotrans Asia, PT. Asmin Bara Bronang, PT Chevron Pacific Indonesia, Bank Indonesia dan PT Bumi Siak Pusako. Adapun pembahasan dari beberapa pelatihan yang berlangsung adalah sebagai berikut:

Spare Part Inventory Management

Meningkatnya kebutuhan user  dengan berbagai jenis spare part atau  material yang diperlukan, membuat banyak perusahaan meninjau kembali strategi inventory mereka. Salah satu fungsi utama dalam pengaturan inventory adalah perencanaan kebutuhan material,dimana fungsi ini bertujuan untuk merencanakan berapa banyak  dan kapan material dibutuhkan  pada tingkat  biaya  yang optimum. Untuk mendukung keputusan tersebut harus ditentukan terlebih dahulu jumlah  minimum inventory yang ada dalam gudang dan reorder level masing-masing material. Perhitungan ini  membutuhkan kecermatan  karena dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain fluktuasi tingkat pemakaian, fluktuasi lead time pengadaan dan service level yang diinginkan. Training ini akan  membahas   spare part management dan inventory control termasuk  latihan dalam mengaplikasikan metode untuk menentukan reorder level dan minimum stock dengan mempertimbangkan berbagai faktor tersebut diatas.  Best practice dari beberapa perusahaan baik swasta maupun BUMN akan dibahas untuk memperkaya  kasus   disertai dengan   praktek aplikasi  dan contoh riil  di lapangan.

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu :

  1. Memahami strategi penyediaan barang
  2. Memahami dan mampu melakukan pengendalian suku cadang
  3. Mampu menyediakan barang yang diperlukan dalam proses overhaul
  4. Mampu mengelola suku cadang dengan efisien dan dapat mengaplikasikan  metode   untuk menetukan Reorder level dan minimum stock untuk  optimasi persediaan
  5. Melakukan   evaluasi   terhadap  sistem  perencanaan material yang selama ini berjalan    sehingga   bisa   diketahui   inti   masalah   yang  dihadapi dan cara pemecahannya.

Manajemen Aset

Aset  adalah barang atau benda yang terdiri dari benda tidak bergerak dan benda bergerak baik yang berwujud (tangible) dan tidak berwujud (intangible) yang tercakup dalam aktiva/kekayaan perusahaan. Pengelolaan Aset (kekayaan) Perusahaan merupakan hal yang sangat penting karena  untuk memantau dan menghitung serta memanfaatkannya  secara optimal. Manajemen asset berfungsi untuk informasi perjalanan asset secara keseluruhan, memuat berapa banyak aset dan biayanya, pemanfaatan, kondisi dan pemeliharaan serta lokasi penyimpanan.Hal ini juga berfungsi untuk  mencegah dari hilangnya asset, perhitungan pajak dan depresiasi.

Banyak perusahaan masih menganggap Manajemen Aset secara fisik  hanyalah sekedar instrumen pengelolaan daftar aset, serta pencatatan oleh bagian accounting. Anggapan yang kurang tepat lainnya adalah bahwa pengelolaan fisik aset sepenuhnya sudah diserahkan kepada Bagian umum , padahal baik daftar aset maupun pengelolaan aset fisik hanyalah bagian kecil dari Physical Asset Management.

Tujuan

  1. Menjelaskan kepada peserta mengenai pentingnya pengelolaan aset dilakukan secara profesional dan terintegrasi.
  2. Membekali peserta terkait dengan pengelolaan aset secara terintegrasi mulai dari planning, pengadaan, verifikasi, pencatatan, layout, pergudangan, pemeliharaan, sistem informasi aset, serta monitoring dan evaluasi.
  3. Membekali peserta metode pengambilan keputusan dalam pengelolaan aset, sehingga lebih efisien, mengurangi pemborosan/kerugian,  mencegah hilangnya aset serta mecegah konflik karena aset.
  4. Membekali peserta implementasi sistem informasi manajemen aset di Perusahaan tempat bekerja

PT Expertindo juga menggelar In House Training yang beritanya dapat dilihat di link berikut => In House Training. Pada Tahun 2019 ini PT Expertindo juga Siap Menggelar Berbagai Event Pelatihan Besar lainnya diberbagai kota, kunjungi link berikut => Event Besar Expertindo

1 thought on “Informasi Training Juli 2019 PT Expertindo Minggu Ketiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Dengan Expertindo, ada yang bisa Kami bantu?