Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi

Deskripsi

Pekerjaan konstruksi merupakan salah satu bidang pekerjaan dengan potensi bahaya cukup besar. Beberapa kecelakaan sering kita dengar seperti runtuhnya pekerjaan atap, tertimbun longsoran galian, jatuh dari ketinggian, terluka akibat alat-alat kerja, dll yang mengakibatkan baik luka-luka maupun korban jiwa. Untuk mengantisipasi masalah tersebut pemerintah sekarang mendorong diberlakukannya sistem manajemen K3 dalam penyelenggaraan proyek. Undang-Undang Jasa Konstruksi nomor 18 tahun 1999 mengamanatkan bahwa setiap penyelenggaraan pekerjaan konstruksi harus memenuhi ketentuan keselamatan dan kesehatan kerja.

Selain disyaratkan, K3 seharusnya juga merupakan kebutuhan perusahaan bahkan tiap individu yang bekerja atau terlibat dalam proyek, karena pada hakekatnya tiap orang yang bekerja ingin kesehatan dan keselamatannya terjamin. Banyak Owner proyek sekarang juga menghargai K3, dimana mereka lebih memilih penyedia jasa yang mengimplementasikan K3 meskipun dengan penawaran yang sedikit lebih mahal. Terjadinya kecelakaan kerja tidak diinginkan oleh semua pihak, karena dapat menimbulkan penderitaan, kerugian keuangan yang tidak sedikit, imej dan reputasi.

Tujuan

Setelah mengikuti training ini, peserta akan memahami bahaya-bahaya pada proyek konstruksi, peraturan-peraturan yang mensyaratkan K3, bagaimana menyusun program sistem manajemen K3, kendala-kendala yang dihadapai dalam implementasi dan solusinya. Meskipun training ini ditujukan untuk proyek konstruksi, namun manfaatnya dapat lebih luas, yaitu untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya K3 untuk kehidupan sehari-hari. Karena pada hakekatnya bahaya ada dimana-mana di sekitar kita dan keselamatan dan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan utama dalam meningkatkan kualitas hidup.

Materi

  1. Peraturan-Peraturan / Dasar Hukum Penyelenggaraan K3
  2. Potensi Bahaya Pada Pekerjaan Konstruksi
  3. Sistem Manajemen K3/ OHSAS 18001:2007
  4. Merencanakan program K3
  5. Sosialiasi Ahli Manajemen K3 bidang Konstruksi.
  6. Implementasi dan Sertifikasi SMK3

 

Peserta

Semua staff, supervisor, Manager yang berhubungan dengan proyek konstruksi.

 

Metode

Presentasi, Diskusi , Brainstorming, Case Study,Evaluasi

 

 

Formulir Permintaaan Informasi Lanjutan / Pra-Pendaftaran Public Training


PERSONAL DATA


PRE REGISTRATION DATA (Tidak Mengikat)


MESSAGE FOR TRAINING PROVIDER


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *