Online Training September 2021 PT Expertindo Minggu Kedua

PT Expertindo sebagai salah satu perusahaan jasa training dan konsultan terkemuka di Indonesia di tanggal 6 hingga 11 September 2021 menggelar berbagai judul training dan sertifikasi secara online. Menggunakan fasilitas video conference seperti Zoom, Google Meet dan MS Teams, instruktur dan peserta yang berasal dari beberapa tempat yang berbeda langsung bertatap muka untuk membahas materi pelatihan. Judul pelatihan yang berjalan di minggu kedua September 2021 antara lain Ahli K3 Konstruksi, Amdal Untuk Industri, TKDN Industri Migas, Strategic Sourcing And Vendor Management, POP Pertambangan, Water Treatment, PMBOK Project Management. POP Pertambangan yang berlangsung di minggu ini, selain online training, PT Expertindo juga menggelar sertifikasinya dengan bekerja sama dengan PPSDM MIGAS Kementerian ESDM.

Foto Online Training September 2021 PT Expertindo Minggu Kedua

Pelatihan ini diikuti peserta dari berbagai instansi dan perusahaan baik dari instansi pemerintah pusat dan daerah, Badan usaha milik negara, perusahaan nasional dan multinasional, institusi pendidikan dan lainnya. Adapun instansi peserta yang mengikuti online training minggu ini antara lain berasal dari Yayasan Mercy Corps Indonesia, Unisnu Jepara, PT. Indocarbon Nusantara, PT. Telkom, PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT. Sinarmas dan PT. Surveyor Indonesia (Persero). Adapun pembahasan dari beberapa tiap pelatihan yang berlangsung adalah sebagai berikut:

Ahli K3 Konstruksi

Pekerjaan konstruksi merupakan salah satu bidang pekerjaan dengan potensi bahaya cukup besar. Beberapa kecelakaan sering kita dengar seperti runtuhnya pekerjaan atap, tertimbun longsoran galian, jatuh dari ketinggian, terluka akibat alat-alat kerja, dll yang mengakibatkan baik luka-luka maupun korban jiwa. Untuk mengantisipasi masalah tersebut pemerintah sekarang mendorong diberlakukannya sistem manajemen K3 dalam penyelenggaraan proyek. Undang-Undang Jasa Konstruksi nomor 18 tahun 1999 mengamanatkan bahwa setiap penyelenggaraan pekerjaan konstruksi harus memenuhi ketentuan keselamatan dan kesehatan kerja.

Selain disyaratkan, K3 seharusnya juga merupakan kebutuhan perusahaan bahkan tiap individu yang bekerja atau terlibat dalam proyek, karena pada hakekatnya tiap orang yang bekerja ingin kesehatan dan keselamatannya terjamin. Banyak Owner proyek sekarang juga menghargai K3, dimana mereka lebih memilih penyedia jasa yang mengimplementasikan K3 meskipun dengan penawaran yang sedikit lebih mahal. Terjadinya kecelakaan kerja tidak diinginkan oleh semua pihak, karena dapat menimbulkan penderitaan, kerugian keuangan yang tidak sedikit, imej dan reputasi.

Amdal Untuk Industri

Industri Oil and Gas dan lingkungan merupakan dua hal yang tak terpisahkan dan saling melengkapi satu dengan yang lain. Akan tetapi apabila kepentingan industri tidak dikelola dengan baik maka lingkungan dapat tercemari sehingga menurunkan kualitas dari lingkungan itu sendiri. Maka dari itu, sebelum proses industri dimulai, perlu dilakukan analisa mengenai dampak lingkungan (AMDAL) yang dapat memetakan persoalan secara terperinci mengenai kondisi yang ada dalam suatu daerah yang akan dibangun industri. Proses ini menjadi penting, mengingat AMDAL tidak hanya memfokuskan persoalan pada lingkungan fisik saja, akan tetapi menyangkut pada persoalan sosial dan kemasyarakatan, sehingga perusahaan mengerti apakah dalam jangka waktu lama industri tersebut didukung oleh masyarakat dan lingkungan sekitarnya atau tidak. Dengan memiliki pemetaan tersebut, perusahaan dapat menentukan tindakan yang tepat yang perlu dilakukan untuk mencegah penurunan kualitas lingkungan dan tetap menarik minat masyarakat sekitar dalam mendukung usaha bisnis industri yang dilakukan.

POP Pertambangan

Peran Pengawas Operasional Pertama (POP) sebagai front line supervisor yang membawahi Langsung para karyawan tingkat pelaksana dan bertanggung jawab dalam pengelolaan K3 pertambangan, sesuai dengan keputusan Dirjen Geologi dan Sumber Daya Mineral No. 0228.K/40/djg/2003 tentang kompetensi Pengawas Operasional pada perusahaan pertambangan mineral dan batubara serta panas bumi. Untuk dapat diangkat sebagai pengawas operasional pertama, seseorang harus memiliki kompetensi sesuai dengan standar.Untuk pemenuhan terhadap kompetensi tersebut akan dirasakan perlu diberikan pelatihan dan keterampilan yang sesuai, sehingga membantu peserta dapat memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Water Treatment

Manajemen teknologi dalam pengelolaan limbah industri perlu dipahami oleh para perencana, pelaksana dan pengawas pekerjaan di lingkungan industri yang wajib menguasasi teknik dan instalasi pengolahan limbah. Seorang operator IPAL mempunyai tanggungjawab besar dalam pengoperasian IPAL, untuk mencegah terjadinya kesalahan prosedur kerja dalam pengoperasian IPAL maka operator IPAL harus menguasai dan memahami konsep pengoperasian IPAL. Dalam Training ini akan akan diberikan pembekalan pengetahuan, kemampuam, dan ketrampilan pengoperasian IPAL.

Selain Online Training September 2021 PT Expertindo Minggu Kedua, PT Expertindo juga menggelar In House Training yang beritanya dapat dilihat di link berikut => In House Training.

Untuk judul dan informasi online training, kunjungi juga website PT Expertindo lainnya di alamat www.e-trainingonline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Dengan Expertindo, ada yang bisa Kami bantu?